Pengertian
Perusahaan dan lingkungan perusahaan
Pengertian dan Definisi Perusahaan adalah suatu unit
ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang
tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan
tujuan untuk menyesiakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan
cara yang menguntungkan atau Suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses
produksi barang atau jasa.
Hal ini disebabkan karena “kebutuhan”
manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah “proses” di suatu
tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah “tempat melakukan
proses” sampai bisa langsung digunakan oleh manusia. Untuk menghasilkan
barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan – bahan dan faktor pendukung
lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan dan tenaga kerja. Untuk
memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenaga kerja dikeluarkan
sejumlah biaya yang disebut biaya produksi. Hasil dari kegiatan produksi adalah
barang atau jasa, barang atau jasa inilah yang akan dijual untuk memperoleh
kembali biaya yang dikeluarkan. Jika hasil penjualan barang atau jasa lebih
besar dari biaya yang dikeluarkan maka perusahaan tersebut memperoleh
keuntungan dan sebalik jika hasil jumlah hasil penjualan barang atau jasa lebih
kecil dari jumlah biaya yang dikeluarkan maka perusaahaan tersebut akan
mengalami kerugian. Dengan demikian dalam menghasilkan barang perusahaan
menggabungkan beberapa faktor produksi untuk mencapi tujuan yaitu keuntungan.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau
jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang
menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari
keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut
pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencangkup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-fakrot yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologi.
Perbedaan
perusahaan dengan lembaga sosial
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses
produksi barang atau jasa. hal ini disebabkan karena kebutuhan manusia tidak
bisa digunakan secara langsug dan harus melewati sebuah proses disuatu tempat
sampai bisa langsung digunakan oleh manusia. Tujuan pendirian perusahaan, dibedakan menjadi dua yaitu:
a.
Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen,
tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b.
Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia,
faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling
mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada
keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Lembaga Sosial menurut John Lewis adalah kumpulan
norma-norma dalam aktivitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. lembaga sosial
juga bisa didefinisikan sebagai suatu organisasi pemikiran dan pola perilaku
yang terwujud melalui aktivitas kemansyarakatan dan terdiri dari adat istiadat,
tata kelakuan, kebiasaan, dan serta unsur-unsur kebudayaan yang secara langsung
atau tidak tergabung dalam suatu unit yang fungsional. Dengan demikian, yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial
terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup,
dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menekankan prioritasnya pada
tanggung jawab sosial. Sebaliknya, perusahaan berorientasi pada perolehan
keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai
perusahaan.
Perbedaaan Letak Perusahaan dan Tempat
Kedudukan Perusahaan
1.
Tempat kedudukan
perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor
kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.
Pemilihan tempat dan letak
perusahaan merupakan faktor penting untuk menjamin tercapainya:
·
Tujuan perusahaan
·
Efisiensi perusahaan
·
Daerah pemasaran produk
2.
Letak perusahaan adalah tempat
perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor
ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
Jenis-jenis letak perusahaan,
dibedakan menjadi empat yaitu:
a.
Terikat pada alam. Pada umumnya karena
tersediaan dan kemudahan bahan baku.
Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
b.
Terikat sejarah. Perusahaan menjalankan
aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan
berdasarkan sejarah. Contoh : Perusahaan
batik, pekalongan.
c.
Ditetapkan oleh pemerintah. Perusahaan yang didirikan
atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan. Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan
serendah mungkin.
d.
Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi. Seperti yang
bersifat industri adalah: ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja,
modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.
Perbedaaan Lingkungan Eksternal
Makro dan Mikro
Lingkungan eksternal perusahaan
dapat dibedakan menjadi :
1.
Lingkungan
eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap
kegiatan usaha.
Contoh :
- Keadaan alam: SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Sosial dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
2.
Lingkungan
eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan
usaha.
Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
- Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen
- Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Sumber : http://andiandiyama.blogspot.com/2014/11/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar